MUSLIM KOK LOW BATT

LOW BATT, sebuah kata yang sering kita dengar dan sangat familier pun sebenarnya diadaptasi dari bahasa tetangga (Inggris) lantaran suatu hal. Low Batt sendiri menurut istilah, merujuk pada mulai habisnya energi pada unit baterai suatu piranti tersebut contoh HP, remote, walkman, dan lain sebagainya. Dan hal ini sejurus dengan analogi manusia yang sebenarya telah lelah hati.

Betapa tidak, akan kesibukannya menuruti hawa nafsu serta rutinitas, keburukan demi keburukan seakan menjadi hal biasa, walhasil hati semakin keras, sedangkan jiwa ini kian lusuh dan rapuh.

Terfosirnya kinerja piranti berimbas pada menipisnya daya tahan energi baterai (low batt). Dan hal seperti ini yang sering kita rasakan pada diri kita asbabmaksiat yang silih berganti kita lakukan. LOW BATT parah !


Tangkapan Layar Thumbnail Youtube Channel The Rabbanians dalam Kajian berjudul Low Batt, bersama : Ust. Subhan Bawazier.

Panggilan adzan untuk melaksanakan shalat kita sepelekan. Suara pengajian yang lantang terdengar dari TOA tak jua menggetarkan hati untuk mendatangi majelis ilmu. Seakan ajakan kebaikan nan ramai tak memiliki dampak pada diri. Namun, apakah hati  yang terbiasa dilatih untuk melakukan kebaikan juga merasakan lelah ?

Pastinya tidak. Alloh Subhanahu wa Ta'ala akan memberikan energi pada jiwa-jiwa yang senantiasa berbuat kebaikan dan taqwa. Mereka yang menetapi kebaikan dan kesabaran tak pernah rugi, dan justru mampu dirasakan olehnya ada kekuatan (energi) istimewa yang bersumber dari Alloh Aubhanahu wa Ta'ala.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda,

” أَلا وإِنَّ فِي الجَسَدِ مُضْغَةً إِذَا صَلَحَتْ صَلَحَ الجَسَدُ كُلُّهُ وإذَا فَسَدَت فَسَدَ الجَسَدُ كُلُّهُ أَلا وَهيَ القَلْبُ.“ رواه البخاري ومسلم.

“Ketahuilah, sesungguhnya dalam tubuh manusia ada segumpal daging, jika segumpal daging itu baik, maka akan baik seluruh tubuh manusia, dan jika segumpal daging itu buruk, maka akan buruk seluruh tubuh manusia, ketahuilah bahwa segumpal daging itu adalah hati manusia.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Sebuah suplemen akan keberadaan hati yang menginsprasi. Tatkala seorang manusia tahu dengan kesadarannya bahwa hati punya fungsi tak sekedar hardware (organ) semata, maka mereka akan menggunakannya untuk berbuat kebaikan. Selaras, hasil dari upaya berbuat baik akan memberi dampak yang baik pula bagi tubuh serta pikiran. Dan inilah manivestasi dari bersyukur kepada Alloh Subhanahu wa Ta'ala yang jarang diketahui setiap hamba-Nya.

Solusi bagi hati yang telah lelah sebagaimana kondisi baterai yang LOW BATT. Bersegera sebelum habis energinya kita recharge (isi) ulang. Dan hati manusia hanya bisa diisi dengan iman serta ketaatan kepada Alloh tanpa dirusak oleh pengagungan juga peribadatan kepada yang lain.

Mulailah menata niat kita. Tebarkanlah salam dan senyuman kepada saudara, teman dan tetangga kita, dibarengi dengan mempelajari ilmu yang di syari'atkan. Terus berproses mewujud kepada taubatan nasuha (taubat yang sungguh-sungguh) buah dari ketaatan.

Semoga jiwa-jiwa yang lelah hati senantiasa diberikan hidayah untuk merecharhe ulang energinya.

-----

Artikel : ABUBILAL Notes.

Tersarikan dari Kajian Low Batt bersama Ust. Subhan Bawazier Hafidzulloh. Diselesaikan jelang tengah malam di selatan Lembah Tidar, Magelang, pada hari Kamis, 21 Dzulhijjah 1438 H/13 September 2017.

Mari bersilaturahmi lewat Twitter, Instagram atau Facebook.



Silakan simak video kajian LOW BATT bersama Ust. Subhan Bawazier berikut ini, dan semoga bermanfaat.




0 komentar:

Gunakan format [video]youtube-or-vimeo-video-link[/video] jika ingin berkomentar disertai youtube video.
Atau silakan gunakan format [img]image-link[/img] jika ingin berkomentar disertai gambar.