KOPDAR PERTAMA BARENG RELAWAN TIK MAGELANG

Untuk akurasi penulisan seputar Relawan TIK Magelang, kali ini saya berkunjung ke blog lawas milik Gusmul yang telah lama suwung lantaran penghuninya kelewat nyaman tinggal di kontrakan sebelah

Bukan ujug-ujug (tiba-tiba), mengingat beberapa tahun lalu saya pernah membaca tulisan Gusmul ihwal terbentuknya Relawan TIK Magelang, dan hal ini yang menjadi referensi awal nan shahih untukku mengenal lebih dalam terkait Relawan TIK Magelang agar tak hilang sejarah dan tetap bersanad.


Relawan TIK merupakan organisasi yang digagas Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), yang bertujuan melakukan edukasi kepada masyarakat agar dapat memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan baik.

Diskusi Kopdar #01 RTIK Magelang di Tenda Tengah Kuliner Kartika Sari, Kota Magelang (08/09).
(Photo : Lisin Ibnu Tamyis, bersumber Arif Wahyu)
Punya keinginan turut andil dalam mengedukasi masyarakat, beberapa waktu lalu saya mendaftarkan diri menjadi relawan TIK Magelang lewat website resminya, pun secara administrasi sejak RTIK Magelang terbentuk (25/10/2014) nama saya telah masuk keanggotaan. Dan ditahun ketiga (2017) inilah saya baru benar-benar nyengkuyung, setelah turut serta jagongan bersama jajaran pengurus dalam kopdar perdana bertajuk "Meluruskan semangat niat berbagi ilmu" di Tenda Tengah Kuliner Kartika Sari, Kota Magelang.

Suasana kopdar di Jum'at sore (08/09/2017) berlangsung santai dan penuh kehangatan. Mengalir mbayu mili tanpa sekat dan tedeng aling-aling, 3 (tiga) topik bahasan dapat diselesaikan dengan baik, dimana komunikasi nampak hidup atas bumbu sumbang saran serta gagasan yang ditaburkan para relawan.

Tercatat apik, berikut notulensi acara yang dihadiri oleh ; Nas Kan, Lisin Ibnu Tamyis, Hanafi, Kukuh Setyawan, Arif Wahyu dan Mas Ivan.



NOTULEN :

Acara Kopdar #01 Relawan TIK Magelang dengan tema "Meluruskan semangat niat berbagi ilmu" dilaksanakan pada hari Jum'at sore (08/09/2017) dimulai pukul : 16.00 s/d 17.30 wib, bertempat di Tenda Tengah Kuliner Kartika Sari, Kota Magelang.

Dalam acara yang ada dibahas 3 hal terkait Kepengurusan, Program kerja organisasi dan persiapan menuju helatan Musyawarah Wilayah (Muswil) Jateng bersama Kominfo Provinsi Jawa Tengah.

1. Terkait kepengurusan, nantinya setiap kegiatan teragenda dengan baik, dan surat menyurat tercatat dengan tertib baik untuk event kopdar rutin, kegiatan bersama pihak ketiga, ataupun lainnya. Dalam hal ini merujuk pada tertib administrasi dan AD/ART organisasi.

2. Perlu adanya pemetaan kompetensi dan minat anggota untuk mengetahui bakat dan skill yang berhubungan dengan tugas masing-masing pengurus.

3. Organisasi perlu ada kantor sekretariat. Dan sementara alamatnya sesuai dengan tempat tinggal Arif Wahyu, dimana sembari jalan kita dapat usahakan kembali yang lebih strategis serta nyaman.

4. Relawan TIK Magelang saat ini masih abu-abu dalam kepengurusan. Karena Magelang ada wilayah Kota dan Kabupaten, sebagiknya dipersiapkan juga kepengurusan RTIK Kab. Magelang dan RTIK Kota Magelang pun secara defacto pegiatnya adalah orang yang sama.

5. Koordinator Relawan TIK Kabupaten Magelang Sdr, Naskan, dan Koordinator Relawan TIK Kota Magelang Sdr. Andri Budi Prasetyo.

6. Kegiatan rutin (Kopdar) sebulan sekali dilaksanakan pada pekan ketiga, dihari Jum'at, jam : 15.00 s/d 17.30 Wib (menyesuaikan).
  • Dalam acara Kopdar rutin setiap bulannya masing-masing anggota kejatahan PR untuk mengisi materi sesuai dengan minat, bakat dan potensi yang dimilikinya.
  • Dalam setiap Kopdar, masing-masing anggota mebuat catatan kecil terkait ide/gagasan untuk bahan diskusi dimana tema akan dilempar bersamaan dengan undangan acara/kegiatan Kopdar.
  • Tempat berlangsungnya Kopdar bergiliran (siapa yang siap) karena sekretariat (basecamp) tetap belum ada.
7. Untuk kegiatan tahunan, seminar/workshop dan Lomba IT bisa diagendakan.

8. Sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat dalam hal edukasi, kedepan kita bisa sinergi dengan para pegiat Sistem Informasi Desa (SID) yang saat ini telah berjalan di beberapa desa di kabupaten Magelang.

Untuk 3 (tiga) bulan kedepan kita sementara fokus dengan program satu juta domain gratis, yang target (pangsa pasar) utamanya adalah pelaku Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) dengan tahapan ;
  • Cari UMKM yang membutuhkan website dimana kita bantu dari sisi teknis.
  • Tawarkan program satu juta domain dan persyaratannya.
  • Berikan pelatihan bagaimana cara mengelola toko online (website, sosmed) dibarengi dengan teknis pemasaran, manajemendan unsur pendukung lainnya (photografi, videografi)
  • Rangsang mereka dengan kegiatan lomba/award
9. Agenda selanjutnya ;  Kopdar #02 dilaksanakan pada hari Jum'at, 23 September 2017
  • Tempat : Kediaman Sdr. Kukuh Setyawan (Perum Laguna, Kalinegoro)
  • Acara : Nobar Gerobak Daring (UMKM), Saju juta domain gratis, dan diskusi.
10. Acara Fesbuk (Festival Buku) dilaksanakan menyusul menyesuaikan agenda dinas terkait.

-----

Artikel : ABUBILAL Notes.
Diselesaikan menjelang waktu Shubuh, pada hari kamis, 21 Dzulhijjah 1438 H  /13 September 2017, di selatan Lembah Tidar, Magelang.
Mari bersilaturahmi lewat Twitter, Instagram atau Facebook.

0 komentar:

Gunakan format [video]youtube-or-vimeo-video-link[/video] jika ingin berkomentar disertai youtube video.
Atau silakan gunakan format [img]image-link[/img] jika ingin berkomentar disertai gambar.