RAGAM KREATIVITAS DENGAN BOTOL BEKAS

Menjadi pekerjaan rumah yang harus segera diselesaikan. Sampah dari botol minuman yang kubeli hingga saat ini telah menumpuk, dan membuatku berpikir, "Apa yang bisa saya lakukan dari botol-botol ini daripada di/terbuang begitu saja ?"

Tak ingin berlarut-larut, malam ini lepas sudah dari jam 11 malam segera aku berselancar mencari ragam referensi dari internet dimana akhirnya kutemukan beberapa hal menarik yang dapat dilakukan dengan botol-botol bekas.

Menjadikannya Taman Vertikal

Ide taman vertikal dari botol bekas ini adalah olah kreativitas dari Rosenbaum yang digunakan sebagai alternatif untuk hunian dengan lahan sempit perkotaan yang berhasil diterapkan di Brasil yang mana mereka berhasil melakukan makeover dramastis ruang interior dan eksteriornya. Konsep ini akhirnya banyak diadaptasi, bahkan perusahan-perusahaan-pun turut serta.








© Rosenbaum 

Membuat Lampu Gantung

Adalah Sarah, seorang wanita yang memang geluti bidang ECO ART & DESIGN, dimana ketika ia diminta Ideal Home Show untuk membuat liontin langit-langit yang besar dari botol plastik limbah, maka dibuatnya lampu menggunakan alas botol plastik berukuran berbeda.

Dinamai 'Ella', potongan karyanya menghabiskan 310 basis botol, yang mana lebarnya lebih dari 1 meter. Setelah karyanya berhasil memukau berbagai kalangan, kini ukuran kecilnya banyak kita jumpai diproduksi orang-orang yang tersedia juga di toko online.

© Sarah Turner

Membuat Pot Tanaman Lucu

Tidak ada keraguan bahwa ada 1001 (seribu satu) kemungkinan kreatif yang dapat dibuat menggunakan botol-botol plastik bekas. Nah, ide kali datang dari Anna, dimana karyanya menghadirkan pot tanaman lucu dan menggemaskan yang diberinama "GATUNA POT".








© Maceta Gatuna

Untuk membuatnya Anna telah memberikan tutorialnya dengan begitu detail, sebagaimana pada gambar diatas dan bahan-bahan serta tahapannya tersaji berikut ini :

BAHAN

1. Botol-botol plastik
2. Cat semprot putih (putih cerah)
3. Penanda tahan air (hitam dan merah muda)
4. Gunting
5. Tali kapas putih atau benang

TIPS

Pot ini sangat mudah dibuat dan menurut Anna, langkah-langkah yang ada harus diikuti, dipahami dengan baik sebagaimana pada gambar yang ada. Dan Tips tambahan darinya ;

Anda bisa menggunakan botol plastik dengan ukuran berbeda. Direkomendasikan botol dengan "kaki" dibawahnya (tidak semua botol memiliki jenis dasar ini, jadi pintarlah memilih).

Untuk memotong bentuk telinga Anda bisa menggunakan template ini. Pastikan bahwa telinga terpusat pada dua "kaki" dasar. Kurang lebih harus ada 11 cm dari pangkal sampai ujung telinga.

Untuk melukis dengan semprotan (warna putih glossy, bukan doft), penting agar Anda mengikuti petunjuk yang tertera pada botol. Di ruang terbuka, tempatkan botol pada beberapa jenis benda tinggi sebagai tumpuan untuk bekerja lebih baik dan letakkan batu atau yang serupa di dalamnya sehingga tidak bergerak dengan kekuatan semprotan.

Yang terpenting, melindungi daerah sekitarnya dengan koran atau plastik agar tidak menodai cat. Anda harus memiliki kesabaran untuk meninggalkan waktu pengeringan yang sesuai antara lapisan dan lapisan untuk menghindari kelebihan cat yang kemudian berubah menjadi menetes.

Penanda yang digunakan dalam pembuatan GATUNA POT ini adalah Ekologi POSCA PC5-M yang diproduksi dengan bahan daur ulang 41%.

Setelah pot tanaman siap, jika Anda ingin agar digantung, buatlah lubang di setiap sisinya. Anda bisa membuat lubang dengan puncher yang memiliki pukulan dengan diameter yang berbeda. Anda juga bisa menempatkan panci ke samping pada tikar dengan kerapatan tinggi (siap meninju), dan memakamkan pukulan.

Anda bisa menanam tanaman yang paling Anda sukai dengan selalu menempatkan bagian kerikil di bagian bawah untuk memudahkan drainase air. Dengan cara ini akar tidak membusuk dan tanaman tidak mati lemas karena kerikil bertindak sebagai reservoir udara dan air. Anda harus menyediakan penyiraman moderat.

Yups, cukup menarik menurutku. Dari ketiga alternatif kreativitas dengan botol bekas yang ada rasanya mampu berikan suntikan ampuh agar botol-botol bekas yang kita miliki dapat dimanfaatkan sedemikian rupa agar tak tercecer, ter/dibuang begitu saja. Demikian, semoga bermanfaat dan tunggu tulisan terkait uji coba pembuatannya dilain kesempatan. #Uyee.....

-----

Artikel : ABUBILAL Notes.

Diselesaikan pada sepertiga malam akhir kedua, dirumah Pak RT.03 Banyurojo, pada hari Jum'at, 21 Safar 1439 Hijriyyah / 10 Nopember 2017, dimana tersematnya link dalam tulisan merupakan sumber referensi atas informasi pihak ketiga.

Mari bersilaturahmi lewat Twitter, Instagram atau Facebook.

0 komentar:

Gunakan format [video]youtube-or-vimeo-video-link[/video] jika ingin berkomentar disertai youtube video.
Atau silakan gunakan format [img]image-link[/img] jika ingin berkomentar disertai gambar.