SILATURAHMI KE KOMINFO KABUPATEN MAGELANG

Meski bukan anggota Dewan yang terhormat apalagi Pegawai Negeri Sipil (PNS), tak ada salahnya jika seorang rakyat jelata ini sowan ke kantor Pemerintah Kabupaten Magelang. Apalagi niatnya baik untuk silaturahmi dan konsultasi kegiatan/program kerja Relawan TIK Magelang untuk melakukan edukasi kepada masyarakat agar dapat memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan baik, menggandeng SKPD terkait termasuk Kominfo Kabupaten Magelang.

Suasana disalah satu ruang Kominfo Kab. Magelang, Kamis (14/09/2017). Nampak Mas Yoga (Kiri, berbaju hijau) dan Pak Sugeng (Kanan) sedang mencermati kepengurusan serta Program Kerja RTIK Magelang. (Photo : Ivan Purnawan/Abu Bilal)

Sebelumnya selama beberapa hari terakhir di WA Grub RTIK Magelang anggota intens berdiskusi ihwal rencana untuk bertatap muka dengan pihak Kominfo Kabupetan Magelang guna memperkenalkan Relawan TIK Magelang ke Pemerintah Kabupaten Magelang yang saat ini masih nggrambyang terkait keberadaan RTIK, kepengurusan dan program kerjanya. Mendekati hari H waktu yang ditentukan, lantaran beberapa anggota tak bisa menemani asbab tugas dan kesibukan, saya-pun menawarkan diri untuk bisa ikut ngancani agar keberadaan RTIK terlihat kompak dan profesional.

Kamis Pagi (14/09/2017) bersama Arif Wahyu  kami berdua-pun sowan ke Kominfo Kabupaten Magelang dengan agenda silaturahmi dan share program kerja serta kepengurusan Relawan TIK Magelang yang beberapa waktu ini mengalami refresh kepengurusan. Anthusias turut serta mengedukasi masyarakat yang menggelora diantara anggota, menjadi suplemen ampuh untuk terus berpikir positif dan baik sangka, semoga Alloh berikan kemudahan dalam bersinergi dengan pihak ketiga.

Setibanya di parkiran Pemkab Magelang kutengok jam dari handphone jadul bermesin OS Android 4.0 Ice Cream Sandwich yang menunjukkan pukul 08.23 wib. Selang beberapa menit, terlihat gagah menunggangi kuda besinya yang masih kinyis-kinyis Arif-pun datang. Terproduksi obrolan garing sekedar mukadimah perjumpaan :). Tak ada niat ngulur waktu, kami-pun bersegera menuju kantor Kominfo Kabupaten Magelang untuk bertemu Mas Yoga, yang sebelumnya sempat japrian via WhatsApp.

Karena belum tahu persis dimana kantor Kominfo berada, petugas taman yang saat itu sedang bekerja tak samperi dan kutanya; "Nyuwun pangapunten pak, kalo kantor Kominfo sebelah mana nggih ?". Petugas taman itupun menunjuk ke suatu tempat dengan tangan yang masing memegang selang utnuk menyiram tetumbuhan. Situ mas !. Dengan langkah mantab kami-pun berjalan ke kantor yang ditunjuk. Dan ketika telah sampai tangga pertama teras kantor, kutepuk pundak Arif Wahyu sembari berkata, "Njenengan sik monggo !". Dan Arif-pun langsungmasuk ke kantor Kominfo dan bertanya ke bagian front office yang kebetulan berada ditempat.

Arif : "Maaf Pak, bisa bertemu dengan pak Yoga ?"

Front Office : sudah ada janji ?

Arif : "Sudah pak, kita janjian dengan Pak Yoga jam 8 pagi".

Front Office : Silakan ditunggu (sembari mempersilakan untuk duduk di ruang tamu yang tersedia).

Kamipun duduk ditempat yang tersedia. Sembari menunggu Mas Yoga, Arif mengambil sejumlah dokumen dari dalam tas miliknya yang berisi susunan kepengurusan Relawan TIK Magelang, program kerja yang telah disusun merujuk hasil Kopdar perdana,  dan Notulen Musyawarah Wilayah (Muswil) Jawa Tengah yang terselenggara tanggal 19 dan 10 September 2017 lalu di Kominfo, Semarang.

Tak menunggu lama, Mas Yoga-pun muncul dan mengajak kami keruang sebelah yang letaknya tepat bersebelahan dengan kantor Inspektorat. Menyusuri lorong sempit tak bertuan, kami-pun sampai diruang yang dimaksud, dan diterima dengan baik oleh Mas Yoga didampingi Pak Sugeng yang sebelumnya bertugas di Radio Gemilang FM, Muntilan. Juga beberapa temen dari Kominfo Kabupaten Magelang yang berada diruangan tersebut.

"Silakan-silakan...duduk disini juga tidak mengapa," ucap Mas Yoga kepada kami.

Setelah kami berdua duduk dan siap, Mas Yoga-pun mengawali obrolan yang selanjutnya diskusi hangat terproduksi ditemani hangatnya teh yang tersaji, bersanding gorengan tahu dan tempe yang ngawe-awe.

Yups, satu demi satu informasi dapat kita sampaikan, begitupun dari pihak Kominfo yang cukup banyak memberi kami asupan informasi positif mulai dari ; kepengurusan, perijinan sebuah organisasi, didampingi Pak Sugeng yang sebelumnya bertugas di Radio Gemilang FM, Muntilan.bagaimana program kerja atau kegiatan nantinya bisa masuk kedalam kegiatan Kominfo dan SKPD terkait.

Tak hanya itu, beberapa hal lainnya sempat disampaikan, dimana dalam waktu dekat akan ada pelatihan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dari Kominfo Kabupaten Magelang, yang mana dari Relawan TIK diharapkan bisa turut nyengkuyung dan membantu dalam pelaksanannya.

Sejurus, niat baik Kominfo semakin terlihat dimana mereka sempat menawarkan salah satu ruang di Radio Gemilang FM untuk bisa digunakan sebagai kantor sekretariat Relawan TIK Magelang, dengan catatan ; "nantinya Relawan TIK mengajukan permohonan ruang kesekretariatan, dilampiri susunan pengurus Pusat dan SK pengurus daerah, yang sebelumnya di informasikan terlebih dahulu ke kantor Kesbangpol Kabupaten Magelang."

Dari agenda yang kami lakukan bersama Kominfo mengingatkan dengan kalimat yang kerap kali tersemat dari lisan Arif Wahyu, "Pokok'e nek niate apik mesti ono dalan." Dan hal ini yang kami rasakan pun beberapa waktu sejak Relawan TIK Magelang berdiri baru di bulan September 2017 inilah saya ikut aktif dalam kegiatannya.

Masya Alloh, semoga ini menjadi jalan kebaikan setiap anggotanya untuk ngundhuh jariyah ilmu lewat Teknologi, Informasi dan Komunikasi. Aamiin.

-----

Artikel : ABUBILAL Notes.
Diselesaikan pada waktu dhuha di hari Jum'at, 23 Dzulhijjah 1438 H/15 September 2016, di selatan lembah Tidar, Magelang.
Mari bersilaturahmi melalui Twitter, Facebook atau Instagram.

0 komentar:

Gunakan format [video]youtube-or-vimeo-video-link[/video] jika ingin berkomentar disertai youtube video.
Atau silakan gunakan format [img]image-link[/img] jika ingin berkomentar disertai gambar.